Proposal PTK IPA kelas V SD |
Kali ini ada lagi Contoh Proposal PTK yang pernah dibuat dan ane share sebagai bahan pembelajaran saja bagi ente yang sedang mencoba melakukan penelitian berupa PTK. Proposalnya ane bagi lengkap dari pembukaan sampe penutupan agar ente dapat mempelajari secara komprehensif.
Preview Proposal PTK IPA SD kelas V
Penelitian untuk tugas akhir tidak melulu harus dengan skripsi, tapi bisa juga dengan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Lingkup penelitiannya lebih kecil tapi prosesnya dapat menjadi lebih intent dan terarah karena lingkup yang kecil tersebut.
A. Judul
Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Motode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Tanjungkerta Semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013.B. Bidang kajian
Bidang kajian dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran dalam mata pelajaran IPA.C. Latar belakang masalah
Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan pelajaran yang sangat penting karena berkenaan dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar, maka dari itu setelah proses pembelajaran peserta didik di harapkan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Namun ternyata di Lapangan peserta belum mampu mengimplementasikannya, karena dalam proses pembelajaran yang kurang bermakna dan tidak mencapai hasil yang maksimal, itu disebabkan karena peserta didik kurang di libatkan dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran.Guru terlalu mendominasi sehingga tidak terjadi interaksi yang multi arah (guru dengan peserta didik,dan peserta didik dengan peserta didik), dan pembelajaran terasa menjenuhkan dan tidak menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dan aktifitas belajar menjadi monoton dan kurpesertang efektif.
Hal di atas di sebabakan karena pemilihan metode yang kurang tepat dan menjenuhkan, tidak memecu kreatifitas peserta didik, Dalam pembelajaran guru sering kali hanya menggunakan metode ceramah saja yang memungkinkan hanya 40% materi yang di sanpaikan diserap oleh peserta didik, dan itupun sering mengakibatkan verbalisme (kesalahan pemahaman) antar peserta didik. Dengan adanya masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran yang di akibatkan karena metode yang tidak bervariatif Sehingga diperlukannya penerapan metode yang baru, dan salah satu metode yang bisa melibatkan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan bisa menumbuhkan motivasi peserta didik adalah metode demonstrasi.
D. Identifikasi dan rumusan masalah
1. Identifikasia) Peserta didik tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran
b) Peserta didik kurang di libatkan dalam proses pembelajaran
c) Tidak terjadi interaksi yang multi arah dalam proses pembelajaran
d) Guru terlalu mendominasi sehingga pembelajaran monoton
e) Dengan menggunakan metode ceramah saja sering mengakibatkan verbalisme (kesalahan pemahaman) antar peserta didik
f) Penggunaan metode yang tidak bervariatif tidak meanumbuhkan motivasi bagi peserta didik
g) Pembelajaran kurang bermakna karna hanya sebagian dari materi
penbelajaran yang mampu di serap oleah peserta didik
h) Pembelajaran tidak epektif
i) Tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal
2. Rumusan masalah
a) Bagaimana rencana persiapan pembelajaran IPA yang menggunakan metode demonstrasi?
b) Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi?
c) Bagaimana cara mengevaluasi penbelajaran IPA yang menggunakan metode demonstrasi?
E. Hipotesis Tindakan
Penerapan motode demonstrasi pada mata pelajaran ipa kelas V dapat meningkatkan aktifitas belajar siswaF. Cara Memecahkan Masalah
Untuk mengatasi masalah aktifitas belajar siswa adalah dengan menerapkan metode demonstrasi dalam sebuah penelitian tindakan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:1) Lakukanlah perencanaan yang matang sebelum pembelajaran di mulai. hal-hal tertentu perlu di persiapkan, terutama fasilitas yang akan di gunakan untuk kepentingan demonstrasi.
2) Rumuskanlah tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, dan pilihlah materi yang tepat untuk di demonstrasikan.
3) Buatlah garis besar langkah-langkah demonstrasi, akan lebih efektif jika yang dikuasai dan dipahami baik oleh peserta didik maupun oleh guru.
4) Tetapkanlah apkah demonstrasi tersebut akan di lakukan oleh guru atau peserta didik.
5) Mulailah demonstrasi dengan menarik perhatian saluruh peserta didik, dan ciptakanlah suasana yang tenang dan menyenangkan.
6) Upayakan agar semua peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan penbelajaran
7) Lakukanlah evaluasi terhadap pembelajaran yang telah di laksanakan, baik terhadap efektivitas metode demonstrasi Maupin terhadap hasil belajar peserta didik.
Contoh yang paling mudah pada metode demonstrasi, misalnya, pada peristiwa respirasi, guru meminta salah seorang siswa atau siswi untuk maju ke depan kelas, guru meminta kepeda siswa atau siswi untuk menahan nafas dalam beberapa saat, siswa dan siswi yang lain diminta untuk memperhatikan. Setelah beberapa saat siswa atau siswi yang di tugaskan tersebut diminta untuk menjelaskan apa yang telah dirasakan. Selanjutnya dengan menggunakan alat peraga tubuh manusia kita jelaskan pada siswa/siswi proses respirasi.
G. Tujuan dan manfaat penelitian
a. Tujan1) Untuk mengetahui rencana persiapan pembelajaran IPA yang menggunakan metode demonstrasi
2) Untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi
3) Untuk mengetahui cara mengevaluasi penbelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi
b. Manfaat
1) Manfaat teoritis
Secara teoretis, penelitian ini dapat bermanfaat untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di setiap kelas pada umumnya dan khususnya di kelas empat Sekolah Dasar.
2) Manfaat praktis
a) Bagi peserta didik
Manfaat penelitian ini bagi peserta didik adalah diterapkannya metode baru yaitu metode demonstrasi,Metode demonstrasi ini dapat membuat peserta didk semakin paham dengan materi yang di pelajari karena mereka tidak hanya mendengarkan tetapi peserta didik juga ikut terlibat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan di bandingkan hanya dangan mendengarkan saja informasi dari guru, kelaspun akan lebih hidup karena terajadi interaksi yang multi arah, metode ini dapat meningkatkan motivasi bagi peserta didik dan itu akan meningkatkan aktifitas belajar juga prestasi belajar peserta didik.
b) Bagi guru
Manfaat penelitian tindakan kelas bagi guru ialah guru dapat mengetahui metode yang dapat mambantu memudahkan guru dalam pembelajaran. Metode demonstrasi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep,fakta dan generalisasi dengan bantuan alat peraga tertentu. Alat peraga tidak harus buatan pabrikan tetapi material apa saja yang murah dan sederhana, misalnya, penggaris mika, buah jeruk, baterey, untuk demonstrai listrik; benang dan karton untuk gelombang bunyi, dan sebagainya, jadi metode ini sangat membantu mambantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mempermudah proses pembelajaran sehingga aktifitas belajar menjadi efektif dan efisien,
c) Bagi sekolah
Penelitian ini dapat menjadi sebuah referensi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran pada mata pelajaran IPA.
Selengkapnya, bisa didownload file wordnya pada link di bawah.
No comments:
Post a Comment