Wednesday, February 28, 2018

Proposal Seminar Rekonstruksi Motivasi dalam Transisi Perubahan Kurikulum

Proposal Seminar Pendidikan Rekonstruksi Motivasi dalam Transisi Kurikulum
Proposal Seminar Pendidikan Rekonstruksi Motivasi dalam Transisi Kurikulum

SEMINAR PENDIDIKAN
MEREKONSTRUKSI MOTIVASI DALAM TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM


A.     LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah ciri bagi manusia yang berbeda dengan makhluk lain dengan kelebihan akal dan rasanya sehingga dapat dibentuk dengan pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena statusnya yang teramat penting karena menentukan apa yang akan terjadi pada kehidupan dan peradaban manusia dan dunia.
Pentingnya pendidikan dalam kehidupan menuntut manusia untuk mempersiapkan dan mengatur pendidikan tersebut dalam sebuah rancangan besar sehingga arahnya dapat terbaca jelas, tentu ke arah yang lebih baik.
Persoalan pendidikan di Indonesia ditentukan oleh kementerian sebagai kepanjangan tangan dari Presiden atas nama pemerintah. Konsekuensinya hampir setiap pergantian pemimpin Negara, maka berubah pula sistem pendidikan yang digunakan sehingga berimbas pada unsur-unsur yang terlibat dalam pendidikan tersebut.
Permasalahan yang kemudian mengemuka adalah munculnya keluhan-keluhan dari para pengajar di Instansi-instansi pendidikan. Hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan dan di tindaklanjuti agar para pengajar tidak lantas kemudian kehilangan semangat dalam proses pembelajaran yang pada tahap selanjutnya akan berimbas negatif bagi pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini harus mendapat respon segera dari para “Petinggi” dalam dunia pendidikan, sebab jika tidak, maka para pengajar aan merasa bosan dan merasa dipermainkan.
Berangkat dari permasalahan tersebut, kami Panitia Pelaksana Seminar Pendidikan Unit Kegiatan Mahasiswa “Student Community for Education Development” (UKM SCED) Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya merasa perlu kepada khususnya para pelaku pendidikan formal untuk mendapatkan pemahaman terkait dibatalkan kembali kurikulum 2013. Dan oleh karena itu kami bermaksud melaksanakan “Seminar Pendidikan Merekonstruksi Motivasi dalam Transisi Perubahan Kurikulum”.


B.     DASAR

1.      UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      UU NO.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi
3.      UU NO.14/2005 tentang Guru dan Dosen


C.     TUJUAN

            Tujuan Penyelenggaraan  seminar adalah sbb:
1.      Memberikan penjelasan mengenai perubahan kurikulum
2.      Meningkatkan motivasi pengajar dalam pendidikan
3.      Meningatkan pemahaman dalam perubahan kurikulum
4.      Meningkatkan kualitas Guru di Kabupaten Tasikmalaya


D.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari/Tanggal Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
Sabtu/
18 Pebruari 2015
08.00-13.00
Gedung Serba Guna Sukriya Bakti, Kampus IAILM Pondok Pesantren Suryalaya-Tasikmalaya.


E.     SASARAN KEGIATAN & TARGET PESERTA

Sasaran Kegiatan
1.      UPTD Pendidikan tiap Kecamatan
2.      Dosen
3.      Guru
4.      Mahasiswa

Targetan Peserta
1.      UPTD Pendidikan                                                        78 Orang
2.      Dosen & Guru                                                            150 Orang
3.      Mahasiswa                                                                   150 Orang
    Jumlah peserta tentatif                                                  378 Orang


F.      NARA SUMBER

Narasumber berasal dari;
1.      Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat          : Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi
2.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya  : Drs. H. EZ Alfian, M.Pd.



G.    MATERI

Bahan materi yang akan disampaikan dalam seminar  mengacu kepada penyikapan terhadap perubahan kembali Kurikulum


H.    DANA KEGIATAN

1.      Kas Panitia
2.      Bantuan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah
3.      Kontribusi peserta
4.      Donatur yang tidak terikat
5.      Sponsor


I.       KEPANITIAN


PELINDUNG
Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya
Ketua Yayasan Serba Bakti Pontren. Suryalaya
Rektor Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah
Dekan Fakultas Tarbiyah

PENASEHAT
Wakil Rektor III
Kabag Kemahasiswaan

PENANGGUNG JAWAB
PANITIA PELAKSANA
Ketua Pelaksana                     : Ade Arif Saripudin     
Wakil Ketua Pelaksana          : Ade Irwan
Sekretaris                                : Lina Marlina
Wakil Sekretaris                     : Dadan Hamdani
Bendahara                              : Dede Agung
Wakil Bendahara                   : Lina Nurmala


SEKSI KESEKRETARIATAN
Koordinator             : Jajang Nurjaman
Anggota                    : Burhanudin
-           Dewi Astri
-           Rena Hasanah

SEKSI MATERI DAN SEMINAR KIT
Koordinator             : Dian Sugiarti
Anggota                    : Arman Aswari
-           Joharudin
-           Wawan Sugiawan
-           Cucu Suhartini

SEKSI PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
Koordinator             : Dimas Praja
Anggota                    : Ratih Purwanti
-           Nanang
-           Herman

SEKSI KONSUMSI
Koordinator             : Dina Agustina
Anggota                    : Acep Wasko
-           Tatang Tarwang
-           Dadang Sobari

SEKSI PERLENGKAPAN DAN TATA RUANG
Koordinator             : Agus Jamal
Anggota                    :  Kamaludin
-           Gita Gutawa
-           Reni Anisa
-           Yogi Permana
-           Deden

SEKSI PERSIDANGAN
Koordinator             : Asep Solehudin
Anggota                    : Kokom
-           Yanti Oktavianti

SEKSI KESENIAN
Koordinator             : Teny
Anggota                    : Revi Suwandari
-           Nina Nilangsa
-           Cinta Sapitri
-           Andi Komala

SEKSI KERJASAMA / SPONSORSHIP
Koordinator             : Rendi Pamungkas
Anggota                    : Cantika Rahmat
-           Doni



J.       ANGGARAN DANA

BIAYA
PERENCANAAN SEMINAR PENDIDIKAN
“MEREKONSTRUKSI MOTIVASI DALAM TRANSISI PERUBAHAN KURIKULUM”

PEMASUKAN
1.      Kas Panitia                           40 orang          x @ Rp  50.000,-
2.      Kontribusi tiket seminar :   
-         Mahasiswa                           150 orang        x @ Rp   25.000,-
-         Umum                                228 orang        x @ Rp   50.000,-
Rp   2.000.000,-

Rp   3.750.000,-
Rp 11.400.000,-
Total
Rp 17.150.000,-





PENGELUARAN
A.     Seksi Kesekretariatan

1.      Kertas Foto                          350 Lembar     x @ Rp   1.000,-
2.      Tinta Print                           4 kotak            x @ Rp 25.000,-
3.      Kertas A4                             1 Rim              x @ Rp 40.000,-
4.      Lakban Hitam                     3 buah             x @ Rp 13.000,-
5.      Kertas Kambing                   50 Lembar       x @  Rp      500,-
6.      Plastik Jilid                          33 Lembar       x @  Rp      500,-
7.      Kertas HVS                          5 Rim              x @  Rp 40.000,-
8.      Buku Tamu                         2 buah             x @  Rp 12.000,-
9.      Print Proposal                     60 lembar        x @  Rp   1.000,-
10     Buku Kwitansi                     8 buah             x @  Rp   5.000,-


 Rp 350.000,-
 Rp 100.000,-
 Rp   40.000,-
 Rp   39.000,-
 Rp   25.000.-
 Rp   16.500,-
 Rp 200.000,-
 Rp    24.000,-
 Rp    60.000.-
 Rp    40.000,-
 Sub Total A
 Rp 894.500,-
B.     Seksi Materi dan Seminar KIT

1.      Pena                                        500      x @ Rp      1.000,-
2.      Block Note                              500      x @ Rp      3.000,-
3.      Map                                         500      x @ Rp      3.000,-
4.      ID Card Panitia                      40        x @ Rp      1.500,-
5.      ID Card Peserta                      400      x @ Rp      1.500,-
6.      Souvenir Pembicara   2          x @ Rp  300.000,-
7.      Souvenir Moderator   2          x @ Rp  100.000,-
8.      Sertifikat Peserta                    500      x @ Rp      3.000,-
9.      CD                                          100      x @ Rp      3.000,-


Rp    500.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp       60.000,-
Rp    600.000,-
Rp    600.000.-
Rp    200.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp    300.000,-
Sub Total B
Rp 6.760.000,-
C.     Seksi Publikasi dan Dokumentasi

1.      Liflet                                     2 Rim x @  Rp 150.000,-
2.      Panflet                                 2 Rim x @  Rp 150.000,-
3.      Poster                                   1 buah x @ Rp   20.000,-
4.      Spanduk                               1 buah (1,5m x 5m) @ Rp 375.000,-
5.      Penyiaran Radio                  2 stasiun radio x @ Rp 300.000,-
6.      Cuci Cetak Foto                   50 lembar        x @ Rp     1.500,-

7.      Iklan Surat Kabar                1 Kali Terbit   x @ Rp 100.000,-
8.      Kamera dan Video              1 set
9.      Banner                      
   Ucapan Selamat Datang      1 buah             x @ Rp 150.000,-
10.   Transport Sebar Undangan  


Rp    300.000,-
Rp    300.000,-
Rp      20.000,-
Rp    375.000,-
Rp    600.000,-
Rp      75.000,-

Rp    100.000,-
Rp 2.000.000,-

Rp    150.000,-
Rp    300.000,-
 Sub Total C
Rp 4.220.000,-
D.    Seksi Konsumsi

1.      Snack :
-         MC                                1 orang            x @ Rp   5.000,-
-         Undangan                     30 orang          x @  Rp  5.000,-
-         Pembicara                      2 orang            x @  Rp  8.000,-
-         Moderator                     1 orang            x @  Rp  5.000,-
-         Peserta                           400 orang        x @  Rp  4.000,-
-         Panitia                           40 orang          x @  Rp  5.000,-

2.      Air Mineral Cup                     24 dus             x @  Rp 15.000,-
3.      Air Mineral Botol                   12 buah           x @  Rp   2.500,-
4.      Buah
5.      Makan Siang :
-         Panitia                           40 orang          x @  Rp 15.000,-
-         Pengisi Acara                 4 orang            x @ Rp  25.000,-
          Tamu Undangan          30 orang          x @ Rp  15.000,-



Rp        5.000,-
Rp    150.000,-
Rp      16.000,-
Rp        3.000,-
Rp 1.600.000,-
Rp    200.000,-

Rp    380.000,-
Rp      30.000,-
Rp    100.000,-

Rp    600.000,-
Rp    100.000,-
Rp    450.000,-
Sub Total D
Rp 3.634.000,-
E.     Seksi Perlengkapan dan Tata Ruang

1.      Sewa Aula  
2.      Transportasi Perlengkapan
3.      Bambu Spanduk                           15 buah x @ Rp 10.000,-     
4.      Obat-obatan
5.      Pulsa Panitia                             
6.      Tim medis                                      2 orang x @ Rp 80.000,-
7.      Biaya Keamanan           


Rp    500.000,-
Rp    300.000,-
Rp     150.000,-
Rp    100.000,-
Rp    100.000,-
Rp   160.000,-
Rp   150.000,-
Sub Total E
Rp 1.460.000,-
F.      Seksi Kesenian
1.      Sewa Pakaian Tari Gending            9 buah             x @ Rp 140.000,-
2.      Make Up
3.      Sewa Tepak
4.      Sewa Pakaian Tari Kreasi                5 buah             x @ Rp 100.000,-
5.      Honor Penari                                  14 buah           x @ Rp   30.000,-

Rp 1.260.000,-
Rp    100.000,-
Rp      35.000,-
Rp    500.000,-
Rp    420.000,-
Sub Total F
Rp 2.315.000,-
Total Pengeluaran
1.      Pengeluaran A  Rp    894.500,-
2.      Pengeluaran B  Rp 6.760.000,-
3.      Pengeluaran C  Rp 4.220.000,-
4.      Pengeluaran D  Rp 3.634.000,-
5.      Pengeluaran E  Rp 1.460.000,-
6.      Pengeluaran F  Rp 2.315.000,-
TOTAL PENGELUARAN            
Rp 19.283.500

BIAYA SEMINAR (G)
RINCIAN
JUMLAH
ANGGARAN
Honor pembicara

Moderator

Sewa Kendaraan Roda Empat

Sewa Kamar Hotel

Stampel dan tinta

Map

Kertas sertifikat

Foto kopi brosur

Spidol

Tas / map

Penghargaan pembicara

Publikasi

Transport
2 Orang

2 Orang

2 Hari

3 Orang

2 pasang

50 buah

500 buah

500 buah

5 buah

500 orang

2 orang

Sumek

5 motor
Rp 6.000.000

Rp 1.000.000

Rp 1.000.000

Rp 4.000.000

Rp 60.000

Rp 450.000

Rp 250.000

Rp 100.000

Rp 30.000

Rp 2.500.000

Rp 1.000.000

Rp.1.000.000

Rp 250.000
Jumlah
Rp 17.640.000,-

Total Pemasukan                                            = Rp 17.150.000,-
Total Pengeluaran (A+B+C+D+E+F+G)        = Rp 36.433.500,-
Total Kekurangan Dana                                 = Total Pengeluaran – Total Pemasukan
                                                                        = Rp 36.923.500,- Rp 17.150.000
                                                                        = Rp 19.773.500,-

Terbilang : Sembilan Belas Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Rupiah
                                                                                                                                             

Bendahara Pelaksana



Dede Agung





G.    JADWAL SEMINAR

1.            Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
2.            Tanbih
3.            Tawasul
4.            Menyanyikan lagu Indonesia Raya
5.            Laporan ketua pelaksana
6.            Sambutan dan Pembukaan oleh Rektor IAILM
7.            Do’a
8.            Tarian
9.            Persentasi
10.        Tanya jawab
11.        Pemberian plakat untuk Pembicara
12.        Penutup



H.    PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, dengan harapan dapat dijadikan pertimbangan bagi banyak pihak yang kemudian tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu Pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya khususnya.   


                       
Ketua



Ade Arif Saripudin
Sekretaris



Lina Marlina




Mengetahui,
Kabag. Kemahasiswaan



Solihin, M.Pd






Menyetujui,
Wakil Rektor III



Drs. Rahmat Effendi



Download
Download via Google Drive

No comments:

Post a Comment